Program Unggulan SMA

Ditulis oleh Admin pada 5 bulan yang lalu
Program Unggulan SMA

“Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon : 74). Sesuai dengan tagline dari Yayasan Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri, bahwa diharapkan nantinya alumni lulusan Yayasan Pesantren Ibnu Salam Nurul Fikri bisa menjadi Imam Bagi orang-orang yang bertaqwa (Waj’alana lil muttaqina imama).

Sekolah Menengah Atas sangat fokus pada keseimbangan ilmu mengenai teori maupun praktik, mengedepankan target akademis dan ditunjang dengan program ibadah yang kuat sehingga kegiatan belajar mengajar lebih dinamis dan fokus pada minat dan bakat santri itu sendiri.

Adapun program unggulan yang ada di Sekolah Menengah Atas adalah :


 Budaya Baca

Salah satu program pendukung pemerintah yakni sekolah sebagai sarana dalam meningkatkan budaya literasi membaca. Tujuan pendidikan ini bisa dicapai di sekolah, karena secara fasilitas maupun lingkungan merupakan sarana paling kondusif dalam pembentukan budaya membaca ini. Budaya baca ini juga sangat membantu meningkatkan daya analisis terkait fenomena ataupun wawasan informasi oleh santri SMAI NFBS SERANG yang harapan kedepannya memiliki pemikiran yang kritis dan juga cikal bakal santri SMAI NFBS SERANG sebagai ilmuwan muda.


Riset 

Budaya membaca dan mendukung budaya riset dalam pengaplikasian dari teori yang telah didapat. Harapannya penelitian ini digunakan untuk kemaslahatan ummat di negeri tercinta.


Tahfidz

Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka Apakah kamu tiada memahaminya” (QS. Al Anbiya: 10).  Sebagai salah satu upaya membuat kegiatan yang lebih bermakna atau biasa disebut Tawadzun, bahwa program Pendidikan sekolah tidak hanya mementingkan akal dan jasmani, namun adanya ruhani yang dapat menyeimbangkan dari keseluruhan kebutuhan manusia.

Program tahfidz ini sendiri merupakan kerjasama antar bidang yakni sekolah dengan Bina Santri, adapun target dari tahfidz ini bergantung dari levelisasi setiap anak (level tahsin-level khotimin) .


International Education Program

“Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak terdapat sebagian dari ayat Al-Quran bagaikan rumah yang tidak ada penghuninya. (HR. Tirmidzi)”

Kegiatan yang dikhususkan untuk santri SMAI NFBS SERANG Kelas 10 ini bertujuan untuk :

-       Meningkatkan kemampuan Bahasa arab santri dan bekerja sama dengan Lembaga Bahasa Arab terkemuka yang berlokasi belajar di Istanbul

-       Meningkatkan wawasan pengetahuan dengan menapak-tilasi perjuangan para sahabat Rasulullah SAQ dan para pahlwan Islam yang mulia dalam menebarkan cahaya Islam Menuju Eropa dan Asia

-       Meningkatkan wawasan santri dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dan Dunia International

-       Menghasilkan Lulusan yang hafal 30 Juz Al-Qur’an yang memiliki sanad Qiroah Hafs

Program ini dimulai dengan karantina selama 60 hari di Indonesia dan 120 Hari di turki. Target dari program ini adalah khusus dalam menghafal Al-Qur’an sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas keshalihan pribadi dengan mengambil keberkahan di negeri Muhammad Al-Fatih. Para santri berkesempatan memperdalam studi Sains dan Sejarah para ilmuwan Islam yang lahir di Turki.

 

Program ini sifatnya tidak wajib, dan seluruh santri yang memutuskan untuk mengikuti program ini akan mendapatkan keistimewaan, yakni melakukan akselerasi kurikulum SMA selama 1 tahun dalam kurun waktu hanya 5 bulan.


Program Sukses UN dan PTN

Sekolah Menengah Atas memiliki tim khusus untuk mensukseskan santri-santrinya dalam target UN (dengan nilai rata-rata 85) dan lulus PTN sebanyak 80% dari keseluruhan santri.

Wilayah kerja khusus tim sukses ini terdiri dari pengayaan wawasan dan informasi, dengna menghadirkan perwakilan direktorat penerimaan mahasiswa baru dari PTN favorit santri.

Pendukung motivasi dan inspirasi diberikan juga pendampingan/konseling bagi seluruh santri dalam menentukan minat bakat serta memecahkan masalah psikologi selama di pesantren. Hal ini juga diperkuat dengan pembinaan ruhiyah dari sisi spiritualitas santri, yang bekerja sama dengan bidang Bina Santri untuk mendukung ikhtiar santri-santri terhadap target yang diberikan.

Tidak lupa juga dengan peningkatan kompentensi akademik dengan program yang berkala dan terukur dan di monitoring oleh guru-guru terkait.