Karya Ilmiah Santri SMAI NFBS Serang Lolos Ke OPSI Tingkat Nasional

Ditulis oleh Admin pada 3 minggu yang lalu
Karya Ilmiah Santri SMAI NFBS Serang Lolos Ke OPSI Tingkat Nasional

JakartaAlhamdulillah, Karya Ilmiah Santri SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Serang berhasil lolos ke Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat nasional. Karya Ilmiah berjudul “Antisipasi Masyarakat Pesisir Kecamatan Cinangka Menghadapi Bencana Alam Pasca Tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018” ini adalah hasil karya dari Faiz Aulia Rahman kelas XI IPS 1.

Penetapan peserta finalis OPSI tingkat nasional tahun 2019 ini disampaikan oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yaitu Drs. Purwadi Sutanto, M.Si. melalui keterangan tertulis. Karya Ilmiah santri SMA Islam NFBS ini merupakan 1 dari 3 finalis perwakilan provinsi Banten.

OPSI sendiri merupakan wahana pengembangan dan kompetisi bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) yang bertujuan untuk memotivasi siswa untuk melakukan penelitian dan terlatih untuk menyusun laporan ilmiah.

Final OPSI tingkat nasional tahun 2009 kembali diselenggarakan di Provinsi Banten yang menghasilkan banyak siswa berprestasi bahkan seringkali mewakili Indonesia di kompetisi tingkat dunia. NFBS Serang sendiri pernah mengirim santri ke kompetisi penelitian siswa tingkat Asia-Eropa, yaitu INESPO yang diselenggarakan di Azerbaijan tahun 2013 dan berhasil membawa pulang medali perunggu.