Kontingen SMAI NFBS Serang di Final OPSI Provinsi Banten

Ditulis oleh Admin pada 4 minggu yang lalu
Kontingen SMAI NFBS Serang di Final OPSI Provinsi Banten

Serang – SMA Islam NFBS Serang mengirim tiga tim dalam final Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Provinsi Banten yang berlangsung di Hotel Marbella Anyer, 19-22 Agutus 2019. Masing-masing tim maksimal terdiri dari dua santri yang mengusung Karya Ilmiah dengan disiplin ilmu yang berbeda, diantaranya bidang Ilmu Sosial & Humaniora, bidang Fisika Terapan & Rekayasa, serta bidang Matematika, Sains & Teknologi.

Dalam bidang Ilmu Sosial & Humaniora, SMA Islam NFBS Serang mengirim tim yang terdiri dari Aimethia Alya Husna dan Anggi Alyasa dengan judul penelitian “Cahaya Kebaikan Dari Nurul Fikri (Studi Kasus Pandangan Masyarakat Sekitar Terhadap Nurul Fikri Boarding School)”, bidang Fisika Terapan & Rekayasa ada Fadya Tsabita dengan judul penelitian “Pemanfaatan Nasi Basi Sebagai Pupuk Organik Cair”, sedangkan untuk bidang Matematika, Sains & Teknologi ada Ihsanul Afkar dan Najib Salman dengan judul penelitian “Pembuatan Permainan Labirin Menggunakan Software Unity 3D”.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan untuk siswa SMA/MA baik berupa Karya Tulis maupun Temuan (invention). Ajang ini merupakan kesempatan berharga untuk santri agar terus berkarya dalam bidang ilmu tertentu dan melatih mental tampil di depan umum.

Final ISPO 2019 terdiri dari presentasi display dengan model eksebisi dan presentasi di depan dewan juri penguji yang merupakan para akademisi dari berbagai kampus negeri di Banten, seperti UPI dan UNTIRTA.