Market Day, Ajang Entrepreneurship Bagi Santri Kelas 7 Event 4 bulan yang lalu

Market Day, Ajang Entrepreneurship Bagi Santri Kelas 7

Serang – SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang kembali menggelar Market Day, yaitu ajang kreativitas dan entrepreneurship bagi Santri Kelas 7. Kegiatan ini bertempat di halaman Mesjid wilayah putri untuk santri putri dan di halaman kelas untuk santri putra pada hari Sabtu, (27/03).

Dalam Market Day ini, para santri berlatih mengembangkan jiwa entrepreneur mereka dengan menjual makanan serta minuman yang mereka olah sendiri. Total ada delapan stand di mana setiap kelas dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dengan masing-masing Santri memiliki tugas yang berbeda. Santri bukan hanya dilatih menjual produk mereka, tapi juga harus membuat laporan penjualan yang akan dipresentasikan dalam pelajaran IPS, hal ini bertujuan untuk mengasah literasi finansial mereka.

Penanggung jawab Market Day, Ustaz Ibrohim, S.Pd. mengungkapkan bahwa kegiatan Market Day ini berjalan dengan lancar meskipun waktu yang dimiliki santri dalam mempersiapkan semuanya sangat singkat dan terbatas karena situasi pandemi. Alhamdulillah, mereka dapat tetap kreatif dalam menjual produk dan mengatur stand mereka, serta melakukan pemasaran dengan menuliskan iklan di spanduk atau di papan stand. Semoga para santri yang mengikuti kegiatan ini juga dapat menyelesaikan laporan penjualannya dengan baik dan semakin berkembang literasi finansialnya.

Sementara itu, Kepala SMPI NFBS Serang, Ustazah Irmawati, S.Pd. menyambut baik digelarnya Market Day ini. dalam sambutannya beliau mengutip ayat Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 275, yang berarti Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Beliau juga menyatakan bahwa Market Day ini sebagai pelajaran bagi santri untuk belajar membuka usahanya sendiri dan semoga di masa depan nanti akan ada pengusaha sukses dari Santri NFBS Serang.

Sejumlah guru yang hadir juga menyambut baik kegiatan ini dan ikut mengantre membeli jualan kreasi santri. Di samping mengajarkan santri berwirausaha sejak dini, Market Day ini juga membangun rasa kebersamaan guru dan para santri dalam suasana yang berbeda.