NFBS Serang diresmikan Sebagai Sekolah Aman Bencana oleh BNPB Event 1 minggu yang lalu

NFBS Serang diresmikan Sebagai Sekolah Aman Bencana oleh BNPB

Serang - Bertempat di Nurul Fikri Boarding School Serang, Sabtu (20/11), BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang menggelar sejumlah kegiatan dari mulai melakukan peresmian sekolah aman bencana, penyerahan sertifikat kepada peserta pelatihan, dan penanaman pohon butun atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Barringtonia Asiatica.


“Kunjungan dari BNPB untuk peresmian sekolah aman bencana dan penanaman pohon, kebetulan di Nurul Fikri Boarding School baru selesai melaksanakan profesional disaster”, ujar kepala BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma.


Nana mengungkapkan, ke depan Nurul Fikri Boarding School Serang akan dijadikan shelter untuk mengevakuasi warga ketika terjadi bencana tsunami maupun yang lainnya. “Penanaman pohon butun untuk mengurangi resiko pergerakan tanah, pohon butun bisa membuat tanah menjadi kokoh, terbukti waktu tsunami pohon burun di pantai tidak ada yang roboh”, katanya.

 

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Serang Hasan Basri mengatakan, dalam persemian itu BPBD mendorong agar Nurul Fikri Boarding School Serang dijadikan shelter ketika terjadi bencana, namun para pengurus yang telah mendapatkan pelatihan harus melakukan pelatihan lanjutan.

 

“Untuk di Banten, sekolah aman bencana yang telah memiliki Satgas (satuan tugas) kebencanaan baru Nurul Fikri Boarding School Serang ini. Makanya, dari BNPB menyampaikan bisa menjadi percontohan. Untuk pohon butun yang ditanam mencapai 500 batang”, ujarnya.