NFBS Serang Gelar “Workshop Penyusunan Soal” bagi Guru Sekitar Pesantren Event 1 minggu yang lalu

NFBS Serang Gelar “Workshop Penyusunan Soal” bagi Guru Sekitar Pesantren

Serang – Sebagai wujud kepedulian terhadap kemajuan kualitas pendidikan, khususnya bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan sekitar Nurul Fikri Boarding School Serang. Maka, Bidang Penelitian dan Pengembangan Mutu NFBS Serang mengadakan workshop penyusunan soal yang diikuti oleh 46 guru dari tingkat SD/sederajat sampai SMA/sederajat.

 

Workshop yang bertempat di Aula Hilmi Aminuddin NFBS Serang ini berlangsung pada Selasa (8/11) dengan peserta berasal dari Perguruan Mathlaul Anwar Kepuh dan Sadatani, serta dari SMPIT dan SMAIT Fajrul Karim.

 

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan dari Pengawas Kemenag Kabupaten Serang.  M. Fathulloh, M.Pd, yang memaparkan tentang urgensi assessment of learning, as learning, dan for learning. Beliau menekankan bahwa penyusunan alat ukur atau tes yang benar akan menggambarkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dan akan berimbas positif bagi siswa.




Acara berlanjut ke sesi dua, yaitu workshop penyusunan soal yang dipandu oleh Ustazah Minchatun Saniyah, M.Pd. yang merupakan Kepala Pengembangan Profesi Guru di Unit Penelitian dan Pengembangan Mutu NFBS Serang. Pemaparan yang menarik beliau sampaikan tentang apa itu tes yang baik, bagaimana menyusunnya, serta mengemasnya secara atraktif dan komunikatif. Peserta pelatihan dipandu secara bertahap untuk dapat menyusun soal melalui lembar kerja. Setelah itu, peserta mempresentasikan hasil penyusunan soal mereka.

 

Peserta tampak antusias yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi selama kegiatan berlangsung. Di sesi akhir, peserta mengikuti quizziz berisi post tes materi 1 dan 2. Selain itu, merekapun menuliskan feedback kegiatan ini melalui lembaran post-it yang ditempel di mading. Secara umum, peserta merasa puas, senang, dan bisa belajar banyak. Harapan mereka, kegiatan ini dapat dijadikan program berkala.

 

"Alhamdulilah, senang rasanya bisa berbagi bersama guru hebat dari sekitar NF. Semoga bermanfaat dan berdampak pada kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing", ungkap Ustazah Irmawati, M.Pd, Ketua Pelaksana program peningkatan kualitas guru sekitar NFBS Serang.