NFBS Serang Menggandeng BPBD Wujudkan Sekolah Aman Bencana Event 2 minggu yang lalu

NFBS Serang Menggandeng BPBD Wujudkan Sekolah Aman Bencana

Serang – Dalam upaya mengantisipasi bencana alam dan keadaan darurat lainnya, Nurul Fikri Boarding School Serang menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Serang menggelar pelatihan dasar kebencanaan bertempat di wilayah Sport Center NFBS, 16-18 November 2021 dengan peserta pelatihan sebanyak 26 orang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan sekolah aman dari bencana.

 

Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalop) BPBD Kabupaten Serang, Jhoni Efendi Wangga mengatakan, pelatihan dasar sekolah aman bencana merupakan kegiatan amanah dari Persatuan Kepala (Perka) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Sekolah/Madrasah Aman Bencana.

 

“Tugas kita di BPBD menyiapkan dan membentuk sekolah aman bencana, dimulai dari penyiapan SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan sekolah itu dulu”, kata Jhoni, Selasa (16/11).

 

Adapun materi yang diberikan kepada peserta pelatihan dasar yaitu mengacu pada modul dasar manajemen bencana Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB, modul dasar relawan bencana, dan sekolah aman bencana. “Ini kegiatan pertama yang kita lakukan,” ujarnya.

 

Jhoni menuturkan, kegiatan pelatihan dasar sekolah aman bencana tersebut diharapkan bisa diterapkan di semua sekolah. “Alhamdulillah, respon dari pihak sekolah bagus, bahkan sekolah pengen lagi. Lama pelatihan 48 jam,” ungkapnya.

 

(Disarikan dari artikel Banten Raya)