Pelatihan Life Skill “Mencangkok” bagi Santri Kelas 9 Event 1 minggu yang lalu

Pelatihan Life Skill “Mencangkok” bagi Santri Kelas 9

Serang – Kegiatan pelatihan Life Skill SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang kembali digelar, Jum’at (12/11) dengan tema pelatihan kemampuan santri dalam budidaya tanaman melalui teknik mencangkok bagi santri kelas 9. Pelatihan ini berlangsung di area perkebunan NFBS Serang siang hingga menjelang ashar.

 

Acara dimulai dengan apel bersama santri, kemudian santri bersama dengan guru pembimbing menuju tempat yang sudah disiapkan di kebun sekitar lingkungan pesantren untuk mencari pohon yang sesuai untuk praktik mencangkok. Santri mendapatkan teori mencangkok, manfaat mencangkok di kelas dalam pelajaran IPA, kemudian mempraktikannya dalam kegiatan Life Skill.

 

Para santri kelas 9 praktik mencangkok di pohon rambutan dan mangga. Santri melakukan sendiri dari mulai menguliti kulit batang pohon sampai membungkusnya dengan menggunakan sabut kelapa. harapannya cangkokan santri akan benar-benar tumbuh dan bisa ditanam 2-3 bulan kemudian.

 

Selain untuk kelas 9, para santri kelas 7 dan 8 juga mendapatkan pelatihan Life Skill untuk edisi kali ini. Santri putri kelas 7 mendapat pelatihan pembuatan pupuk kompos, sedangkan santri putra mendapatkan pelatihan fiqh muamalah spesifik tentang jual-beli yang berkah dalam Islam. Sementara itu santri kelas 8 mendapat pelatihan desain grafis.