“Ujian Sidang Karya Ilmiah” Kelas X di SMA Islam NFBS Serang Event 1 minggu yang lalu

“Ujian Sidang Karya Ilmiah” Kelas X di SMA Islam NFBS Serang

Serang – Setelah satu semester waktu yang dibutuhkan para santri kelas X SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Serang untuk menyusun Karya Ilmiah mereka, tibalah saatnya ujian untuk mengetahui sejauh mana penguasaan santri terhadap konsep Karya Ilmiah yang mereka buat bersama pembimbing. Ujian digelar pada Sabtu (18/6), bertempat di beberapa Ruang Kelas.

 

Ujian Sidang Karya Ilmiah Kelas X dilaksanakan secara serentak mulai pukul 07.30 hingga pukul 12.00 WIB. Dalam satu kelompok karya ilmiah terdapat 2-3 santri. Kegiatan karya ilmiah ini mencapai puncaknya pada saat “Camp Karil” selama 4 hari dan pada hari kelima diadakan ujian sidang yang dibagi menjadi beberapa ruang ujian. Dalam satu ruang ujian terdapat dua guru penguji dan lima kelompok karya ilmiah yang diuji. Setiap kelompok mempresentasikan hasil karya ilmiahnya ke penguji selama 15 menit, kemudian selama 30 menit penguji akan melakukan tanya-jawab terhadap hasil penelitian kelompok.

 

Setelah sidang selesai, terlihat perasaan santri senang, haru, dan sedih terungkapkan semua di hadapan pembimbing. Semua sudah melakukan kerja dengan maksimal baik santri, pembimbing, maupun dewan penguji. Keterampilan dan pengalaman menyusun Karya Ilmiah ini akan sangat berguna untuk bekal di jenjang pendidikan perguruan tinggi.

 

“Kami berharap santri mendapatkan pengalaman berharga terutama bagaimana cara meneliti, bekerja dalam tim, dan mampu mempertahankan argumen yang benar di hadapan penguji dengan sikap yang sopan dan penuh hormat. Semoga ilmu yang didapatkan selama proses penyusunan karya ilmiah hingga pelaksanaan ujian sidang dapat bermanfaat di kehidupan mereka kelak.” Ujar Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA Islam NFBS Serang, Ustazah Ninien Rochmawati, S.Pd.